Posts Subscribe comment Comments

GEREJA GANTUNG (HANGING CHURCH / KINEES ET AL-MUALLAQA

Gereja Gantung
Memiliki nama lain Al-Muallaqa yang artinya sesuatu yang digantung. Hal ini dikarenakan gereja tersebut dibangun di atas tanah dan ditunjang oleh tiang yang menahannya. Untuk memasuki gereja ini anda harus menaiki tangga sejumlah 29 anak tangga.

Gereja ini merupakan gereja Coptic yang paling terkenal di kota Cairo dan gereja ini dipersembahkan kepada Perawan Maria maka gereja ini dikenal juga sebagai gereja Maria.

Dibangun pada abad ke 7 masehi dan di abad ke 11 bangungan ini kediaman resmi dari pemimpin agama Kristen Coptic dari Alexandria. 



Bila anda memasuki gereja ini maka anda dapat hiasan-hiasan indah disemua bagian dalam gereja. Dibagian depan terdapat mimbar yang ditunjang oleh 13 pilar yang mewakili Yesus bersama ke 12 murid Nya. Yang menarik dari ke 13 pilar tersebut adalah terdapat pilar yang berwarna hitam yang berarti Judas Isrkariot dan yang berwarna abu abu yang berarti Thomas.

Kebanyakan hiasan (icon) di dalam gereja ini berasal dari abad ke 8 bahkan ada yang berasal dari abad ke 5 dan 6 masehi. 

Di dalam dari gereja ini terdapat ruangan yang dipersembahkan kepada Perawan Maria, St. George dan Johanes Pembaptis.
________________________________________
GEREJA ST. SERGIUS (ABU SERGA)



Abu Serga
Diyakini oleh umat Kristen sebagai salah satu dari tempat tinggal Yesus, Maria dan Yosef selama berada dipengungsian di Mesir yang dikarenakan oleh kejaran pasukan raja Herodes yang ingin membunuh bayi laki-laki (Mat 2:13-15). Adapun sebenarnya keluarga Kudus (Yesus, Maria dan Yosef) selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain selama kurang lebih 3 tahun di Mesir tetapi tempat ini merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh para peziarah.
Gereja Kristen Coptic ini dibangun pada abad ke 8 masehi terletak di tengah benteng Babilon pada zama Romawi kuno pada saat itu. Keberadaan nama Abu Serga yang juga berarti St.Sergius kurang jelas dikarenakan ada 2 pendapat mengenai nama tersebut yang pertama merupakan seorang bangsa Mesir yang menganut agama Kristen yang dibunuh bersama ayah dan saudara perempuannya pada saat pembantaian umat Kristen oleh bangsa Romawi saat itu. Dan yang kedua ada pendapat lain mengenai St.Sergius ini yaitu berdasarkan cerita bahwa dia merupakan pembantu dari kaisar Romawi Maxmilian yang dimartir di Syria diawal abad ke 4 masehi.

Gereja ini berbentuk basilika dimana terdapat 2 baris tempat duduk di bagian tengah gereja. Terdapat 12 pilar yang diyakini sebagai simbol dari 12 murid Yesus. Pilar-pilar tersebut dibuat dari material yang berbeda seperti 10 pilar dibuat dari batu, 1 pilar dibuat dari marmer dan 1 pilar dibuat dari granit merah.

Gereja ini terdapat 3 ruang suci di sisi sebelah Timur, tiap ruang suci terdapat altar dan terdapat kubah kayu diatasnya dan ditopang oleh 4 tiang marmer.

Bagian terpenting dari gereja ini adalah gua di mana Keluarga Kudus pernah tinggal yang terdapat di bagian bawah gereja. Dan setiap tahun pada tanggal 1 Juni terdapat upacara di gereja ini untuk mengenang kedatangan Keluarga Kudus yang dirayakan oleh umat Kristen di dalam gua tersebut.
________________________________________
SINAGOGA BEN EZRA (BEN EZRA SYNAGOGUE)

Bangunan ini terletak di belakang gereja gantung (Hanging Church) dan dahulunya merupakan sebuah gereja juga. Bangunan gereja ini dahulu dijual kepada orang yahudi pada tahun 882 masehi guna membayar pajak kepada penguasa muslim pada saat itu.

Gereja ini dibeli oleh seorang yahudi yang bernama Abaraham Ben Ezra yang datang dari Jerusalem pada masa pemerintahan Ahmed Ibn Tulun seharga 20.000 dinar.
Sinagog Ben Ezra

Sinagoga ini menjadi tempat ibadah atau ziarah bagi umat yahudi dari Afrika Utara dan rabi yang pernah mengajar di sana adalah Rabi Moses Maimonides pada saat dia berada di Cairo.

Bangunan ini terbagi 2 lantai masing-masing untuk pria di bagian bawah dan wanita di bagian atas dan dibagian tengah dari sinagoga ini terdapat bangunan kecil yang terbuat dari marmer dan berbentuk octagonal yang digunakan untuk meletakan torah.

Berdasarkan tradisi tempat ini diyakini sebagai tempat di mana dahulu bayi Musa diangkat dari air oleh permaisuri raja Firaun.

1

agus nyarios ... :

gegek tulisannya ustak

Silahkan Tulis Komentar Anda ...